Cara Setting Panjang Electrode Sensor Untuk Ekstra Low Water Level Pada Steam Boiler

         Ada berbagai macam merk untuk low water sensor, saya mengambil contoh dari merk Gestra tipe NRG 16-4.
          Level Electrode NRG 16-4 secara khusus dirancang untuk mendeteksi dan memberi tanda level dalam zat cair dengan konduktivitas listrik minimum. Tergantung dari jenis level switch akan digunakan untuk mendeteksi level tertinggi atau level terendah suatu zat cair.
       
       Level electrode NRG 16-4 dapat digunakan bersama dengan level switch NRS 1-1, 1-2, 1-3 dan 1-5 sebagai bagian dari water level control, high level alarm atau level limited system pada boiler uap.

       Untuk mengaplikasian level limited system, sinyal diterima setelah ujung elektroda menyatu atau terkena cairan.Ujung elektroda secara sederhana dipotong sesuai dengan tingkat level yang di inginkan sesuai dengan desain boiler.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mementukan panjang stick elektroda:

1.  Tentukan ketinggian minimum air dengan mengacu pada sign glass. Ketinggian minimum pada sign glass diambil 10% dan ditambah 5 % untuk pemuaian sehingga level minimum air adalah 15 % dari kaca indikator.
2. Setelah itu pasang stik panjang sebagai alat bantu yang diikat sejajar dengan sign glass dan siapkan selang yang sudah diisi oleh air.

3. Lalu ukur ketinggian maksimum stik dengan menggunakan selang yang berisi air tersebut dengan melevelkan tinggi flange tempat diletakkannya sensor dan stik yang sudah diikat di sign glass, lalu di beri tanda. Dari tanda pada stik bantu sampai sign glass level 15% tersebut, itulah tinggi stik elektroda sensor extra low water level pada boiler shell.

4. Potong stik sesuai dengan panjang yang sudah didapat dengan cara yang sudah dilakukan sebelumnya.







5. Setelah selesai tinggal di pasang di flange yang sudah di siapkan.









3 comments:

  1. klo saya mau beli gestra NRS 1-3 bekas gak papa klo tidak ada yang baru.apa ada yang jual?
    telp saya di 081331195665 elia

    ReplyDelete
  2. Apakah NRG 16-11 masih di produksi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar pada kotak bawah ini!